Menjelajah Ibu Kota Indonesia

in , by Najwa Zachrani, July 10, 2020

Whatsup!

Hallo, kali ini aku akan berbagi cerita tentang pengalamanku saat study tour kelas 11. Study tour kali ini, sekolahku akan mengunjungi dua kota besar di Jawa Barat. Yap, Jakarta dan Bandung.

Perjalanan dimulai pada tanggal 3 Maret 2020 di siang hari. Semua peserta study tour berkumpul di sekolah dan melakukan perjalanan menggunakan bus yang telah dikoordinir oleh pihak panitia. Tujuan pertama dari study tour ini adalah Jakarta, kami sampai di Jakarta saat subuh dan mampir untuk ishoma sekaligus berganti seragam di rest area walaupun sebenarnya rencana awal kami akan mampir di Masjid Istiqlal tetapi saat itu sedang dalam tahap renovasi.

Gedung DPR

Dari rest area kita langsung menuju ke Gedung DPR, disana kami mendapat pengalaman yang luar biasa. mulai dari memasuki gedung khas yang memiliki bentuk unik, duduk di ruang rapat, masuk ke ruang sidang paripurna, serta menelusuri sejarah Gedung DPR di Museum DPR RI. 

Oh iya, Gedung DPR memiliki bentuk unik yang sering dikira sebagai bentuk tempurung kura-kura, tapi sebenarnya itu merupakan simbol kepakan sayap Burung Garuda loh dan juga warna hijau dipilih sebagai warna yang menyimbolkan kemakmuran sekaligus kesuburan. 

Museum DPR RI


Di Museum DPR RI terdapat semua latar belakang maupun penjelasan tentang DPR, mulai dari sejarah berdirinya setiap gedung, sejarah perubahan nama, syarat menjadi anggora, tugas para anggota, partai yang bergabung dalam DPR, maupun benda bersejarah yang ada dan digunakan oleh anggota DPR jaman dahulu. Di ruang sidang paripurna kami dapat melihat peta Indonesia dan Burung Garuda berukuran besar serta kursi anggota DPR yang sering kita lihat melalui layar kaca.

Ruang Sidang Paripurna

Setelah dari Gedung DPR, kami langsung menuju Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akutansi Negara. PKN STAN merupakan sebuah lembaga pendidikan kedinasan yang berada dibawah naungan Kementerian Keuangan yang didirikan pada tahun 1952 tetapi nama STAN sendiri baru mulai digunakan pada tahun 1975. Sesampainya disana, kami langsung disambut oleh air mancur khas dari STAN lalu diarahkan menuju sebuah hall dan kami disuguhkan oleh sebuah video dokumenter.

PKN STAN
Kami diberikan banyak penjelasan maupun cerita, mulai dari syarat untuk bersekolah, 4 program studi (akuntansi, perpajakan, manajemen keuangan, serta kepabeanan dan cukai) , apa saja yang akan dipelajari di setiap jurusan, lokasi kampus, cerita tentang alumni yang bersekolah di, perbedaan warna medali yang menandakan program studi yang diambil (merah untuk jurusan manajeman keuangan, kuning untuk jurusan pajak, hijau untuk jurusan akutansi, sedangkan biru untuk jurusan kepabeanan dan cukai), dan masih banyak informasi yang dijelaskan di sana. Kami mendapat banyak ilmu sekaligus pengalaman baru disana.

Selesai dari STAN kami langsung menuju ke Bandung dan kami sampai Bandung kira-kira pukul 11 malam. Hotel yang kami tinggali selama 2 hari di Bandung bernama Ibis Budget yang terletak di Jl. Asia-Afrika. Tidak terlalu besar memang, tapi cukup nyaman untuk sekedar singgah selama 2 malam. Kebetulan kamar yang aku tempati memiliki 2 single bed yang sudah digabungkan menjadi satu, satu televisi, satu AC, satu shower room, satu wastafel dan satu WC. 

Hotel Ibis Budget

Malam itu, kami langsung beristirahat karena terlalu lelah akibat perjalanan sekaligus suasana nyaman Kota Bandung yang dingin ditambah suara hujan yang menenangkan. Kepada semua yang telah membaca tulisan ini, terima kasih ya. Nantikan kelanjutan perjalanan kami yaa!! 

SHARE 0 comments

Add your comment

© najwa's journal · THEME BY Sahabat Hosting