Surga di Bumi Pasundan

in , by Najwa Zachrani, July 11, 2020

Hi! Hari ketiga study tour merupakan hari terakhir kami melakukan perjalanan ini. Seperti biasa, di pagi hari kami sarapan terlebih dahulu. Selesai sarapan, kami langsung membereskan barang yang kami bawa selama 3 hari ini. Cukup menyedihkan sebenarnya, karena perjalanan yang mengasikkan ini harus segera berakhir. Kami segera check out dari hotel dan berpindah ke destinasi terakhir di study tour kali ini.

Di hari terakhir ini kami pergi ke Kawah Putih. Kawah putih merupakan sebuah danau bekas letusan Gunung Patuha. Gunung tersebut merupakan salah satu gunung yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Walaupun terletak di kaki gunung namun udara disana tergolong cukup dingin. Kalian harus memakai baju cukup tebal atau membawa jaket, karena jika tidak kalian pasti kedinginan. Namun jangan khawatir jika kalian tidak membawa jaket, disana akan ada beberapa orang yang menyewakan jaket tebal.



Di kawah putih semua terlihat begitu indah. Hamparan pemandangan yang indah siap memanjakan mata kalian. Air danau di kawah putih tidak berwarna bening melainkan berwarna putih kehijauan. Air kawah putih memiliki kadar belerang yang tinggi, sehingga membuat udara sekitar berbau belerang, jadi jangan lupa membawa masker saat ke kawah putih.

Sangat banyak tempat menarik untuk berfoto, mulai dari berlatar belakang danau, berdiri diatas jembatan, berlatar belakang pohon, hingga diatas batu besar. Jika kalian menggunakan mobil pribadi, kalian bisa langsung masuk ke tempat wisata kawah putih. Namun, jika kalian bersama rombongan yang harus memakai kendaraan cukup besar seperti bus, kalian harus pindah dulu menggunakan angkutan yang telah disediakan karena bus tidak bisa langsung menuju ke kawah putih.



Tempat makan berlokasi sama dengan tempat kalian turun dari bis, disana ada restoran dan warung-warung yang menjual makanan ringan maupun oleh-oleh yang bisa kalian bawa pulang. Jika kalian sedang berkunjung ke Kota Bandung, jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi kawah putih.

Setelah dari kawah putih, kami langsung perjalanan pulang ke kota asal. Diperjalanan, sebagian besar dari kami menghabiskan waktu untuk tidur karena sudah terlalu lelah tapi ada juga yang memilih bercanda dengan teman duduknya. Perjalanan memakan waktu cukup lama dan kami sampai di sekolah lagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Perjalanan kali ini cukup singkat namun menyimpan banyak sekali kenangan dan pengalaman baru. Terima kasih kalian yang telah membaca cerita perjalananku. Semoga tulisanku kali ini bisa menjadi referensi kalian jika akan berkunjung ke Jakarta dan Bandung. 

SHARE 0 comments

Add your comment

© najwa's journal · THEME BY Sahabat Hosting