Mac and Cheese ft. Japota

in , by Najwa Zachrani, September 16, 2021

Mac and cheese merupakan hidangan berbahan dasar pasta yang dicampur dengan keju. Mac and cheese sendiri merupakan hidangan asal Eropa yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Hidangan ini sangat popular di banyak negara seperti Amerika, Inggris, Australia, maupun Kanada.

Thomas Jefferson adalah orang yang membuat mac and cheese ini bisa mendunia seperti sekarang. Presiden ketiga Amerika itu mengunjungi Eropa dan sangat tertarik dengan model pasta yang dihidangkan di sana. Akhirnya ia mempelajari resep pasta dan membawa pulang mesin pasta ke rumahnya di Virginia. Saat Thomas Jefferson menjabat sebagai presiden Amerika, ia sering menghidangkan mac and cheese untuk makan malam kenegaraan.

Beberapa tahun berlalu, sepupu jauh Thomas Jefferson, Mary Randolf membuat sebuah buku yang berisi resep-resep masakan berjudul “The Virginia House-wife”. Dalam buku tersebut ada resep tentang mac and cheese. Di dalamnya, Mary menyebut bahwa mac and cheese hanya terdiri dari tiga bahan, yaitu macaroni, keju dan mentega.

Pada tahun 1937, ada sebuah perusahaan yang membuat mac and cheese dalam bentuk kemasan instan. Keadaan Amerika Serikat pada saat itu cukup sulit akibat peperangan dan beberapa hal lainnya. Sehingga, banyak orang yang menyukai mac and cheese instan ini karena harganya yang terjangkau dan cukup untuk dikonsumsi keluarga. Itulah awal mula mac and cheese digemari di Amerika Serikat hingga saat ini.


Mac and Cheese Japota



Mac and cheese sekarang sudah banyak berinovasi menyesuaikan selera. Kali ini ada resep mac and cheese dari Erly d’chan yang enak dan beda dari lainnya, yaitu kolaborasi Mac and Cheese Japota. Jika kamu sudah bosan dengan mac and cheese yang itu-itu saja, kalian bisa mencoba resep mac and cheese berikut ini. Hidangan ini merupakan menu perpaduan antara mac and cheese yang lembut dan keripik Japota yang renyah.

Buat kamu yang suka menu praktis tapi enak dan kekinian tentu hidangan ini merupakan pilihan yang tepat. Untuk yang sedang bingung ingin menambah penghasilan dengan cara apa, kamu bisa menjual mac and cheese ini karena sudah pasti bakal digemari hampir semua kalangan dan tidak ribet membuatnya.

 

Bahan yang dibutuhkan :

  • 100 gram macaroni.
  • 20 gram mentega.
  • 200 ml air.
  • 2 siung bawang putih.
  • 100 gram keju cheddar.
  • 1 sdm bumbu keju bubuk.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • 1 bungkus Japota Honey Butter.

 

Bumbu keju yang dipakai disini merupakan bumbu yang biasanya digunakan pada untuk bumbu kentang goreng sebagai penambah rasa. Mac and Cheese Japota yang memiliki sensasi renyah makin seru untuk menemani saat menonton drama korea tentunya atau untuk menemani saat santai bersama keluarga maupun teman kamu.

Kamu bisa melihat cara pembuatannya di channel youtube Erly d’Chan. Pastikan juga kamu sudah subscribe dan menyalakan lonceng notifikasi supaya tidak ketinggalan resep praktis dan menarik lainnya. Ada juga resep menarik berbahan dasar mie yaitu mie pedas kuah tomat yang memiliki rasa segar dan gurih, langsung saja kunjungi artikel Mie Pedas Kuah Tomat.

Semoga resep Mac and Cheese ini bisa menjadi menu yang kamu suka dan bisa menemai kamu setiap saat. Tunggu resep menarik lainnya yaa…

Selamat mencoba !

SHARE 15 comments

Add your comment

  1. Wah aku baru tau loh sejarahnya pasti enak banget ya kak apalagi musim ujan kayak gini enaknya makan teros

    ReplyDelete
  2. Anakku suka bgt mac and cheese nih. Pingin liat video lengkapnya di youtube. Mau recook ah ;) soalnya ak biasa mac n cheese biasa. Ini kok unik ya pake japota hehe

    ReplyDelete
  3. Ugh semua berbahan keju anak-anak pada doyan. Aku mau cek yutuplah biar bisa ikutan masak gini juga.

    ReplyDelete
  4. Aku bingung deh kalau mau masak pakai keju juga.. Kadang takut gagal atau hasilnya yang kurang enak..
    Mungkin bsk bisa coba resep ini.. mkasih mba resepnya :D

    ReplyDelete
  5. Pernah liat di fyp tiktok, penasaran banget pengen nyoba bikin. Apalagi tambah rasa Japota yang gurih

    ReplyDelete
  6. Sukaa Mac & cheese tapi kirain dari Eropa gitu asal usulnya, hehehe. Wah, kalau pakai cara ini jadi lebih praktis ya bikinnya, ada rasa khas Japota juga yang biasanya buat camilan gitu aja.

    ReplyDelete
  7. yummy....

    kesukaan banget nih Mac n Cheese karena bikinnya gampang

    tapi belum pernah pakai japota, penasaran pingin bikin juga

    ReplyDelete
  8. Biasanya Japota buat temen di kala kerja atau nonton film sih, eeeh ternyata bisa dipadukan jadi olahan Mac % CHeese yang mantep abis

    ReplyDelete
  9. ya Allah ngilerrr wwkwkwk. pengen bangett. Japota ini ternyata enak yah kalo digabungin sama mac n cheese. kapan2 cobain aahh

    ReplyDelete
  10. wah rupanya ada ya sejarahnya, makan ini jadi berasa makan malam kenegaraan di amrika ya mbak hehhe
    belumpernh sih yang japota apa perlunih dicoba

    ReplyDelete
  11. Belum pernah coba bikin ini. Aku sama anak aku ga doyan keju hehe. Tapi kayaknya enak ya.

    ReplyDelete
  12. Rasanya unik ini sih menurutku. Beda sama yang sejenisnya. Baru tau loh sejarahnya hehe

    ReplyDelete
  13. emang enak ini mac and cheese, rasanya lebih ggurih hihi.. jadi penasaran kalo digabungin japota gini, kayanya bikin ngiler hihi

    ReplyDelete
  14. aku suka cheese mbak. dalam bentuk apapun aku suka. Tapi penasaran ini kalau dibikin japota.

    ReplyDelete
  15. aku pernah beberapa kali makan japota, ternyata dimixkan begini terlihat menggiutkan dan enak nih mbak

    ReplyDelete

© najwa's journal · THEME BY Sahabat Hosting