Fenomena Phubbing yang Harus Dihilangkan

in , by Najwa Zachrani, November 05, 2021

Perkembangan zaman ke era modern memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Ponsel merupakan salah satu bentuk nyata perubahan zaman tersebut. Dengan adanya ponsel kita bisa melakukan segala sesuatu dengan mudah dan tentunya praktis.

Banyak sekali perkembangan positif dari adanya ponsel, seperti terhubung dengan kerabat ataupun teman tanpa batasan jarak, memperoleh informasi dengan mudah, berbelanja tanpa harus keluar rumah, dan tentu masih banyak keuntungan lainnya. Namun, jika ada perkembangan secara positif tentu ada juga perkembangan secara negatif. Sisi negatif yang sering ditemukan akibat penggunaan ponsel adalah phubbing.

 

Apa Itu Phubbing?

Phubbing adalah sikap acuh atau mengabaikan seseorang yang sedang berinteraksi karena lebih memilih fokus kepada ponsel daripada melakukan interaksi atau percakapan. Phubbing merupakan istilah dalam Bahasa inggris yang berasal dari kata phone dan snubbing. Istilah ini awalnya populer di Australia untuk menggambarkan orang-orang yang mengabaikan teman atau keluarga yang ada di depan mereka dan memilih untuk memainkan ponsel.

Saat ini, ponsel seakan menjadi kebutuhan pokok manusia.  Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh dampak dari adanya internet yang akhirnya menyebabkan ketergantungan. Pada akhirnya ketergantungan itu dapat membuat berubahnya hubungan sosial di masyarakat.

 

Penyebab orang melakukan phubbing

Phubbing sangat marak terjadi di masyarakat, terutama pada remaja. Seseorang yang berkebiasaan membaca setiap notifikasi bisa mendorong kecenderungan melakukan phubbing. Orang melakukan phubbing ada banyak faktornya, seperti

1. Fitur media sosial yang beragam

Sekarang semua media sosial memiliki berbagai fitur menarik yang dapat memudahkan masyarakat dalam berinteraksi. Namun semakin banyak fitur menarik yang disediakan juga semakin banyak waktu yang dihabiskan oleh individu di dunia maya.

2. Fear of Missing Out

Banyak dari kita yang merasa harus selalu mengetahui apapun yang sedang terjadi atau yang sedang dibahas di dunia maya supaya tidak disebut ‘kurang update’. Fear of missing out adalah kondisi seseorang yang selalu takut ketinggalan update terbaru dalam dunia maya.

3. Kecanduan game

Akhir-akhir ini banyak sekali game yang menarik perhatian khususnya pada kalangan remaja, mulai dari game online hingga game offline.

4. Terlalu asik chattingan

Karena mudahnya mencari teman di berbagai media sosial seperti Twitter, Instagram, dan platform lainnya menyebabkan orang-orang merasa lebih asik chatting-an dengan teman di dunia maya yang ada di dahapannya secara langsung.

 

Dampak dari perilaku phubbing

Phubbing memang terkesan sepele, tapi jika tidak segera dihilangkan pasti akan berdampak buruk baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

1. Berkurangnya kemampuan berkomunikasi

Phubbing tentu memiliki berdampak buruk pada komunikasi, ketika seseorang terbiasa melakukan phubbing tentu akan kurang bersosialisasi dengan orang lain dan berujung dapat mengganggu kemampuan berkomunikasinya.

2. Berkurangnya kualitas hubungan dan kebersamaan

Ketika kita melakukan phubbing, orang yang sedang berinteraksi dengan kita secara tidak langsung akan merasa ditolak dan diabaikan sehingga hubungan antara keduanya akan menjadi renggang.

3. Mengganggu kesehatan mental

Seseorang yang melakukan phubbing cenderung lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain ponsel, seperti membuka media sosial untuk waktu yang lama. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa media sosial dapat meningkatkan resiko anxiety dan depresi, sekaligus dapat memperparahnya. Serta dapat menimbulkan nomophobia, no mobile phobe phobia adalah suatu perasaan cemas yang berlebihan ketika melakukan aktivitas sehari-hari tanpa ponsel. Perasaan cemas ini bisa sampai mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

 

Tanda orang yang melakukan phubbing

Jangan sampai kamu termasuk salah satu orang yang suka melakukan phubbing. Tanda utama dari orang yang suka phubbing adalah susah untuk lepas dari ponsel. Jika kamu selalu meletakkan ponsel dalam jangkauan dan memeriksa ponsel tiap detik maka bisa jadi kamu termasuk kedalam pelaku phubbing.

Tidak ada karakteristik khusus bagi pelaku phubbing, laki-laki maupun perempuan sama-sama berpotensi untuk menjadi pelaku phubbing. Perilaku phubbing juga dapat terjadi di semua usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

 

Hal yang dapat mengurangi phubbing

1. Jangan bermain ponsel saat bersama dengan orang lain.

Matikan nada dering notifikasi, tapi jika sedang dalam keadaan mendesak kamu bisa mengaktifkan mode getar. Saat harus membalas suatu pesan yang penting, pastikan kamu meminta waktu sebentar untuk membalas pesan dan ketika sudah selesai kembali letakkan ponsel.

2. Simpan ponsel di tempat yang tidak mudah dijangkau

Menyimpan ponsel di tempat yang susah dijangkau bisa menjadi salah satu cara efektif mengurangi phubbing. Ketika sedang mengobrol dengan orang lain, taruh ponsel di tempat seperti tas atau laci.

3. Tantang diri sendiri

Ada banyak sekali cara untuk mengurangi phubbing dan yang paling penting adalah adanya kesadaran diri untuk menyembuhkan ketergantungan dengan ponsel. Tantang diri kamu untuk tidak terlalu fokus pada ponsel dan belajar menghargai orang lain.

Mulai sekarang sebaiknya kita bisa mengurangi perilaku phubbing. Ketika sedang bersama teman maupun saudara sebaiknya jangan terlalu sering membuka ponsel untuk menghormati lawan bicaranya. Phubbing dapat mengubah masyarakat Indonesia yang terkenal dengan keramahtamahannya menjadi masyarakat yang individualis.

SHARE 34 comments

Add your comment

  1. Aduh! Berasa dijedotin nih baca tulisan ini. Trims sudah diingatkan kk.

    ReplyDelete
  2. Pengetahuan baru nih buatku. Masih banyak nih liat orang-orang yg masih suka Phubbing. Padahal harusnya saat itu kesempatan untuk bisa berinteraksi ya. Gemes sih kalo kejadian sama temen sendiri, huh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya istilah ini sudah lama sih Kak, sempat booming juga. Kalau saya kadang gitu juga sih

      Delete
    2. yapp, betul banget harusnya dipake buat ngobrol malah ditinggal main hp kan jadi gemes gitu hehehe

      Delete
  3. Aku ga phubbing sama orang lain, tapi kadang aku lupa suka phubbing sama anak sendiri. Ya Allah tersadar aku.

    ReplyDelete
  4. Phubbing kadang secara tidk sadar kita lakukan baik di rumah atau saat berada bersama orang lain. Kita terkadang terlalu bergantung pada hape saat ini mungkin itu juga pemicunya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin kesini memang kita selalu bergantung dengan hape karena semuanya mulai dari kerjaan, teman, dan bahkan tugas sekolah ada di hape makanya perlu kesadaran diri untuk tidak melalakukan phubbing

      Delete
  5. teman-temanku nih pada ngeluh

    anaknya udah gede2, bisa ngumpul cuma malam Minggu atau hari Minggu

    mereka sekeluarga jalan dan makan di luar

    eh di meja makan malah pada asyik sama HPnya masing2

    ReplyDelete
  6. Ah jangan sampe gini lah ya apa lagi depan anak anak. Kasian nanti merasa dicuekin.

    ReplyDelete
  7. aih bener nih, phubbing ini secara nggak langsung dan nggak sadar mengubah budaya kita yang ramah dan peduli sesama yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. phubbing memang terkesan sepele tapi ternyata dampaknya bisa sebesar itu bagi kita

      Delete
  8. Ini kadang tanpa kita sadari yaa, kalau kebanyakan urusan di ponsel jadi mengabaikan sekitarnya, huhu.. semoga tidak jadi efek buruk nih, harus cepat diantisipasi

    ReplyDelete
  9. Bener nih, gara gara HP semakin susah anak anak sekarang bisa belajar komunikasi sm orang lain

    ReplyDelete
  10. gawai membuat kita yang jauh jadi dekat, dekat jadi jauh ya. aku baru tahu namanya phubbing btw

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyanih, teknologi memang memiliki banyak sekali manfaat tapi di sisi lain bisa merugikan kita contohnya dari timbul perilaku phubbing

      Delete
  11. akhirnya phubbing harus dilakukan diri sendiri dulu sebelum menyuruh orang lain ya?

    karena dampak negatifnya dimulai dari kita juga yang ngerasain

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, sebelum mengingatkan orang lain harus diterapkan pada diri sendiri dulu

      Delete
  12. huhu serem jg ya mbaa, mudah2an aku ngga termasuk di phubbing ini meskipun bberapa waktu suka nengok hapeee mulu karena emang ada kerjaan sih di situ hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang suka gak sadar yaa, kadang kita terlalu perhatian ke hp dibanding orang sekitar huhu

      Delete
  13. Ihhh males banget nih ketemu orang phubbing. Keliatan banget deh ngga ngehargain orang lain banget. Plis deh kalau mau main hp tunggu kalo udah selesai ngobrol bareng orang lain. Atau minta ijin dulu kalo ada panggilan mendesak. Huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ya mbak kadang sebel liatnya, berasa sok sibuk hehe

      Delete
  14. Oalah baru tau loh aku. Ngeri juga ya dampaknya. Aku baru tau istilah ini. Sebisa mungkin jangan phubbing deh ngeri.

    ReplyDelete
  15. resiko perkembangan teknologi ya kak, agak nyebelin sih. apalagi kalau kita hangout bareng temen misalnya, pas makanan dateng atau pas udah duduk di meja makan semua sibuk dengan HP masing-masing. kalau keluarga sih masih bisa kita protes atau peringati ya, kalau orang lain? agak sulit memang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu masalahnya, kalo orang lain tuh kadang ada yang merasa tersinggung atau malah bandel kalo di nasehati, tapi gapapa diingatkan aja pelan-pelan kalo emang dia gamau berubah ya sudah itu jadi pilihan dia

      Delete
  16. duh phubbing emang penyakit baru ya?

    kalo dulu, penumpang KRL saling mengobrol dengan penumpang lainnya

    sekarang penumpang asyik ngobrol dengan smarty phonenya

    ReplyDelete
  17. Aku si berusaha sebisa mungkin menghindari perilaku phubbing ini karena aku juga kadang kesel lagi cerita malah lawan bicaranya asyik main gadget.

    ReplyDelete
  18. Tantangan besar saat ini dan kudu bisa menantang diri sendiri juga agar nggak kebablasan kena virus phubbing.

    ReplyDelete
  19. Aku lagi mencoba untuk tidak berlaku phubbing terutama saat bersama anak-anak, kecuali karena ada sesuatu yang urgent tentang pekerjaan barulah aku izin ke mereka.

    ReplyDelete
  20. baru tahu juga namanya phubbing nih, tapi memang saat ngobrol dengan lawan bicara itu tidak sopan juga kalau kita sambil pegang2 gawai yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ga sopan banget jadi merasa ga dihargai ya makanya kita sebisa mungkin menjauhi perilaku phubbing ini

      Delete
  21. Ini juga sering terjadi buat yg punya jualan online atau kerja berkaitan dengan sosmed atau internet. Tanpa sadar phubing ke anggota keluarga biasanya. Reminder deh :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kerja berkaitan dengan online memang susah ditinggal, mungkin bisa mengatur waktu untuk bekerja dan berkumpul dengan keluarga

      Delete
  22. Dari istilah nya saya baru tahu phubbing ini org2 yang mengabaikan org2 yg berada di sekitarnya saat main hp. Jujur nih hmpir semua org di sekitar saya kayak gini

    ReplyDelete
  23. Aku sampai kangen lo lihat anak-anak kecil mainnya tanpa bawa hp, kejar-kejaran atau ngapain gitu. Memang sekarang banyak orang tak acuh pada sekitar karena sibuk main hp ya.

    ReplyDelete

© najwa's journal · THEME BY Sahabat Hosting